Bagaimana Cara Menyiapkan 178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer) Super

178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer).

178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer)
Anda bisa mendapatkan 178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer) menggunakan 13 bahan dan 14 langkah. Monggo silahkan diperhatikan segala detail dibawah ini.


Bahan Bahan Untuk 178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer)

  1. Siapkan 250 gram tepung terigu cakra/protein sedang.
  2. Perlu 30 gram gula pasir (saya pakai gula halus).
  3. Perlu 1 sachet susu dancow.
  4. Ambil 1 butir kuning telur.
  5. Ambil 1 sdt peres fermipan (gak sampai yg penuh banget).
  6. Siapkan 140 ml air (tuang dulu 120ml).
  7. Siapkan Sejumput garam.
  8. Siapkan 3 sdm margarin.
  9. Ambil Bahan Isian:::.
  10. Perlu Selai nanas (saya pakai resep 171)/.
  11. Siapkan Boleh selai bebas tapi wajib tidak berair (padat).
  12. Perlu Taburan:::.
  13. Ambil Biji wijen (boleh skip).

Langkah Langkah Membuat 178. Roti Isi Selai Nanas (no mixer)

  1. Untuk pemula bikin roti diusahakan waktu pagi-sore dan paling bagus adalah waktu siang. Karena suhu panas bikin ragi kita cepat mengembang ketimbang suhu dingin (tidak berlaku bagi yang udah senior yaπŸ˜†). Siapkan tepung, disini saya pakai gula halus (lagi habis). Tapi sebenernya membantu juga untuk yang pemula karena waktu nguleni jadi lebih mudah...😁, saya pakai susu dancow 1 sachet langsung. Biar rotinya tambah lembut dan enak..
  2. Untuk fermipan saya pakai 1 sdt full peres ya (untuk yang kemasan ragi pernah dibuka coba dites caranya ada di resep nomer 118, disana ada tips mengaktifkan ragi). Kemudian masukkan kuning telur dan tuang air 120 ml dulu. Takaran air sebenarnya tidak wajib harus sama plek dengan resep, ada banyak faktor yang bikin pengaruh dia butuh air dan tidak. Misal sudah dibuka lama, maka kelembapannya makin berkurang sehingga butuh banyak air. Kalau belum mengerti tanya aja ya...nanti saya jelasin lagi 😊..
  3. Aduk-aduk dengan spatula sampai bener-bener semua tercampur tidak ada adonan yang kering. Nah jika sudah, mulai kita ulen pakai tangan ya. Nah jika dirasa masih kurang lembab boleh tambahkan air dari sisa yang tadi tapi tetap jangan langsung tuang semuanya tapi sedikit demi sedikit. Kalau dirasa udah pas distop, tekstur yang benar adalah sedikit lengket bukan becek dan kering..
  4. Nah jika dilihat adonan sudah setengah halus dari permukaanya luarnya boleh tambahkan sejumput garam dan mentega..
  5. Uleni lagi, jangan kaget kalau adonan jadi becek/terurai ya. Nanti lama-lama margarin akan meresap ke adonan dan jadi menyatu kembali di gambar 2. Uleni lagi sampai tidak lengket dan anda mampu....πŸ˜†, karena menuju kalis maksimal berwindow pane butuh latihan. Nanti lama-lama saat kita mengenal adonan kita bakalan bisa. Roti memang wajib kalis maksimal supaya lembut, tapi untuk awal sampai kalis saja gak pa2...πŸ™‚.
  6. Setelah itu lumuri dengan minyak goreng tipis-tipis. Fungsinya agar adonan tidak kering. Tutup dengan lap, diamkan selama 45-90 menit. Jarang yang sampai 2 jam, intinya adonan akan mengembang 2x lipat seperti gambar nomer 3. Seperti diawal makanya lebih suka pagi menjelang siang, sekitaran jam 10/11 disaat panas yang terik 45 menit saja udah mengembang besar...🀭.
  7. Tonjok-tonjok untuk mengempiskan adonan. Fungsinya membuang gas yang ada didalamnya. Nah adonan kita yg awalnya dari 250 gram tepung, mengembang jadi 460 gram. Kita bagi adonan jadi 50-52 gram (motongnya pakai scraper/pisau tidak boleh ditarik ya karena akan merusak serat roti). Total adonan setelah dibagi menjadi kurleb 9 biji..
  8. Bulatkan adonan, ini awal-awal akan susah jadi lebih baik ditarik kebawah, kemudian dicubit-cubit biar bagian bawah bisa menutup rapat (fotonya saya kelupaan😣). Kalau udah semua, kita tutup lagi untuk diistirahatkan selama 10 menit bertujuan agar adonan menjadi rilex lagi dan mudah dibentuk..
  9. Siapakan selai nanas, saya pakai resep nomer 171 kalau tidak salah. Boleh beli diluaran tapi usahakan yg teksturnya padat tidak berair ya. Siapkan cup (cup ini berlaminasi jadi tinggal taruh aja) tapi jika tidak ada cup, boleh ditata diloyang jangan lupa olesi tipis-tipis permukaan loyang dengan margarin rata. Kemudian ambil satu adonan gilas memanjang..
  10. Kemudian belah sisi sebagian dengan scraper atau pisau seperti gambar dibawah. Kemudian ambil 1 sdt selai nanas..
  11. Gulung kebawah satu kali dulu, kemudian rapatkan tepi kanan kirinya seperti gambar nomer 1. Kemudian gulung lagi dan terakhir kunci seperti gambar nomer 3..
  12. Jangan lupa 4 ujung belahan agak dipencet2 biar menyatu dengan adonan yang ditempelinnya. Jika semua sudah selesai taburi dengan biji wijen atau tanpa biji wijen juga boleh. Kalau sudah selesai istirahatkan lagi selama 30 menit sambil ditutup lap bersih lagi. Memang panjang ya proses membuat roti, tapi jika sudah bisa bakalan nagih...walaupun makannya gak ada 1 jam πŸ˜„. 15 menit menjelang masa istirahat selesai nyalakan oven disuhu 180'..
  13. Kita siapkan bahan olesan, campur jadi 1 aduk-aduk, kita sisihkan dahulu. Jika sudah selesai 30 menit kita masukkan ke oven. Panggang kurleb 10-15 menit sesuaikan dengan oven masing-masing. Untuk oven tangkring di api sedang biasanya agak lama kurleb 15-20 menit, lubang bagian atas diganjel agar terbuka sedikit (supaya bagian atas roti bisa jadi coklat). Kalau oven listrik langsung aja pakai api atas bawah..
  14. Jika bagian atas roti jadi kecoklatan dan bagian bawah mengering atau sedikit kecoklatan tandanya sudah matang. Keluarkan dan olesi dengan bahan olesan tadi. Kalau roti kita tanpa cup lebih baik segera dipindahkan ke piring saja ya...roti yang sudah matang butuh diangin2kan kalau tidak dipindahkan dari loyang yang dipakai tadi nanti dia akan berkeringat dan menyebabkan mudah berjamur....😁.

Post a Comment

0 Comments